Bermanfaatkah blog ini ???


selamat datang di blog saya semoga bermanfaat bagi anda

Jumat, 04 Mei 2012

Reboisasi

Reboisasi adalah suatu bentuk kepedulian kita terhadap alam, alam yang seluas ini apabila tidak dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya maka suatu saat akan mengalami banyak permasalahan terhadap alam ini. Sebagai generasi muda atau generasi penerus bangsa kita wajib menjaga serta melestarikan alam kita. salah satunya dengan reboisasi atau penanaman kembali. Reboi (bahasa Inggris: reforestation) adalah penanaman kembali hutan yang telah ditebang (tandus, gundul).

Ataupun :
 

Reboisasi adalah:

  1. Upaya penanaman jenis pohon hutan pada kawasan hutan rusak yang berupa lahan kosong, alang-alang atau semak belukar untuk mengembalikan fungsi hutan (PP 35/2002).
  2. Kegiatan penanaman atau permudaan pohon-pohon dan/atau jenis tanaman lain dan berbagai kegiatan penunjang di dalam kawasan hutan (hutan negara) dan areal lain yang berdasarkan rencana tata ruang atau tata guna hutan diperuntukkan sebagai hutan (hutan tetap) (Kepmenhut 797/Kpts-II/1998).
  3. untuk memulihkan kembali dan meningkatkan produktivitas kawasan hutan yang kondisinya rusak, kosong dan kritis serta tidak produktif dengan cara menanam pohon-pohon agar dapat berfungsi secara optimal sebagai unsur pengatur tata air serta sebagai perlindungan alam lingkungan (Kepmenhutbun 778/Menhutbun-V/1998).
  4. Permudaan hutan di dalam kawasan hutan yang dilakukan menurut berbagai sistem silvikultur yang berlaku (Kepdirjen RRL 16/Kpts/V/1997).

Manfaat reboisaisi : 

 Reboisasi bergsasiuna untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat dan ekosistem alam, mencegah pemanasan global dengan menangkap karbon dioksida dari udara, serta dimanfaatkan hasilnya (terutama kayu). Salah contoh upaya reboisasi yang menarik adalah prakarsa pemerintah Kabupaten Garut yang dimulai pada tahun 2009: meminta setiap pengantin baru untuk menanam 10 pohon dan 50 pohon bagi pasangan yang bercerai.. Tidak cuma itu saja manfaat Reboisasi masih banyak lagi ,yaitu diantaranya :
 

1.    Reboisasi ini dapat mengurangi GLOBAL WARMING
2.    Tanah longsor
3.    Banjir
4.    Untuk menjaga keseimbangan alam
5.    Untuk mencegah kerusakan hutan
6.    Dan untuk memulihkan kembali fungsi lahan atau hutan yang kritis, DLL..
Dan kita senantiasa akan lebih menyatu atau melindungi dan menjaga alam kita dengan sebaik mungkin,dengan diadakanya reboisasi ini..







  
SO teman,,,marilah kita mulai bergerak dan menjadi warga negara yang aktif dan peduli terhadap lingkungan kita, khususnya dilingkungan sekitar tempat tinggal kita. HIJAUKAN NEGERI KITA!!!!!


http://green.kompasiana.com/penghijauan/2011/03/11/reboisasi-kecil/

1 komentar:

Green Warrior mengatakan...

Menarik Gan, setuju, mari lestarikan alam. Ini ada program penanaman pohon berkelanjutan yang memberikan manfaat bagi alam dan manusia. program revolusioner, "MENANAM POHON SEKALIGUS MENDAPATKAN KEUNTUNGAN EKONOMOMI DALAM PENANAMAN DAN KAMPANYENYA"
Cari Tahu caranya di : http://www.greenwarriorindonesia.com

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Lingkungan Hidup_Reboisasi2. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.