Bermanfaatkah blog ini ???


selamat datang di blog saya semoga bermanfaat bagi anda

Selasa, 22 Mei 2012

Pengertian Reboisasi (go green)
Adalah penanaman kembali hutan yang telah di tebang (tandus, gundul). Reboisasi berguna untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat dan ekosistem alam, mencegah pemanasan global dengan menangkap karbo dioksida dari udara, serta dimanfaatkan hasilnya (terutama kayu).


Sebab-Sebab Kenapa Harus Melakukan Reboisasi

1. Melestarikan sumber daya alam
Unsur tata lingkungan biofisik yang nyata dan berpotensi untuk memenuhi kebutuhan manusia demi     mempertahankan kelangsungan hidupnya.  Maka tindakan eksploitasi harus harus disertai dengan       norma-norma pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam.
2. Pencemaran Lingkungan
Pencemaran lingkungan hidup harus menjadi perhatian yang serius di erra saat ini, meningkatnya kegiatan industri seperti pertambangan telah banyak mengganggu ekosistem hidup. Maka dari itu kita harus melakukan reboisasi (go green).
3. Untuk meningkatkan Sumber Daya Alam dan Melestarikan
4. Untuk melestarikan hutan dan mencegah adanya banjir


Cara-Cara Melakukan Reboisasi

Pengolahan sumber daya alam mencakup beberapa upaya yang dilakukan secara terpadu dan bertahap. Upaya ini disebut sebagai upaya terpadu karena dalam pengelolahan terhadap beberapa kegiatan yang dilakukan bersama-sama yaitu melakukan reboisasi. Berikut cara-cara melakukan reboisasi :
1. Pemanfaatan lingkungan
2. Pengendalian lingkungan
3. Pengawasan lingkungan
4. Kegiatan pemuluhan
5. Dan kegiatan pengembangan lingkungan

Setelah semua itu dilakukan, baru kita melakukan reboisasi atau yang biasa kita sebut dengan penanaman pohon (GO GREEN).


Manfaat Reboisasi

1. Mencegah keseimbangan alam
2. Mencegah terjadinya banjir
3. Mencegah global warming 


Perkembangan Reboisasi di Lingkungan Sekitar

Sejauh ini yang kita lihat disekitar kita, sudah banyak yang melakukan penanaman pohon, seperti di sekolah-sekolah atau pun di tempat lain. Usaha melestarikan lingkungan dari pengaruh dampak pembangunan adalah salah satu usaha yang perlu dijalankan. Pengolahan lingkungan yang baik dapat mencegah kerusakan lingkungan akibat suatu pembangunan proyek. Pengolahan yang baik menjaga ekosistem dengan mencegah berlangsungnya pembangunan, sebab pembangunan itu perlu untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Jadi, yang penting disini adalah membangun dengan berdasarkan wawasan lingkungan bukan membangun yang berdasarkan wawasan ekonomi semata saja. Sesuai dengan dampak yang di duga akan terjadi, maka di tetapkan cara pengelolahan yang akan dilakukan agar tepat guna. Teknologi yang akan digunakan, ditentukan berdasarkan prinsif efektif, efisien dan biaya murahan agar dapat ditanggung dari hasil proyek tanpa harus menderita kerugian. Tujuan dari pengelolahan lingkungan disini terutama mencegah kemunduran populasi sumber daya alam yang dikelola dan sumber daya alam lainnya yang ada disekitarnya dan mencegah pencemaran limbah /polutan yang membahayakan. Maka dari itu mulai sekarang mari kita jaga lingkungan hidup ini dengan cara tingkatkan penanaman pohon (GO GREEN).


Add caption



















sumber : www.gogreen.com



0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright (c) 2010 Lingkungan Hidup_Reboisasi2. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.